Breaking News

Hobi

Netbeans

Kesehatan

Pribadi

Wednesday, December 26, 2007

Pemrograman OOP2

Dalam Pemrograman OOP2 merupakan kelanjutan dari OOP1. Setelah anda mempelajari Pemrograman OOP1 baru bisa melanjutkan ke OOP2, karena semua merupakan tahapan-tahapan yang harus dilalui secara bertahap.

Modul 1

Sebelum melangkah pada fitur-fitur menarik yang ada pada Java, mari kita meninjau beberapa
hal yang telah Anda pelajari pada pelajaran pemograman pertama Anda. Pelajaran ini menyajikan
diskusi tentang perbedaan konsep-konsep berorientasi object dalam Java.
Sebelum melengkapi pelajaran ini, Anda sebaiknya mampu untuk:
1. Mengetahui dan menggunakan konsep dasar beorientasi object.
· class
· object
· atribut
· method
· konstruktor
2. Mengetahui dengan jelas tentang konsep lanjutan berorientasi object dan menggunakannya
dengan baik
· package
· enkapsulasi
· abstraksi
· pewarisan
· polimorfisme
· interface
3. Mengetahui dengan jelas penggunaan kata kunci this, super, final dan static
4. Membedakan antara method overloading dan method overridding

Download


Modul 2

Dasar penanganan exception telah dikenalkan pada anda di kursus pemrograman
pertama. Bab ini membahas secara lebih dalam mengenai exception dan juga sedikit
menyinggung tentang assertion.
Setelah menyelesaikan pembahasan, anda diharapkan dapat :
1. Menangani exception dengan menggunakan try, catch dan finally
2. Membedakan penggunaan antara throw dengan throws
3. Menggunakan exception class yang berbeda – beda
4. Membedakan antara checked exceptions dan unchecked exceptions
5. Membuat exception class tersendiri
6. Menjelaskan keunggulan penggunaan assertions
7. Menggunakan assertions

Download


Modul 3

Modul ini mengenalkan suatu teknik pemrograman yang lebih tinggi. Dalam bagian ini
Anda akan mempelajari rekursif dan tipe data abstrak.
Setelah menyelesaikan pelajaran ini, diharapkan Anda dapat:
1. Memahami dan menggunakan rekursif
2. Mengetahui perbedaan antara stacks dan queues
2. Mengimplementasikan suatu implementasi sequensial dari stacks dan queues
3. Mengimplementasikan suatu implementasi linked dari stacks and queues
4. Menggunakan Collection classes yang ada

Download


Modul 4

Java datang dengan beberapa class built-in yang bermanfaat. Mari kita membahas classclass
tersebut.
Setelah melengkapi pelajaran ini, Anda diharapkan dapat:
1. Menggunakan class-class Java yang telah ada
· Math
· String
· StringBuffer
· Wrapper
· Process
· System

Download


Modul 5

Pembahasan kali ini akan menitikberatkan pada bahasan penggunaan argument
command-line. Selebihnya, Anda akan mempelajari mengenai penggunaan streams
untuk mendapatkan nilai input dari user pada saat runtime, sekaligus dalam proses
manipulasi file.
Setelah menyelesaikan pembahasan ini, Anda diharapkan dapat :
1. Mendapatkan input dari comman-line
2. Mengetahui cara untuk memanipulasi properties dari sistem
3. Membaca standart input
4. Membaca dan menulis file

Download


Modul 6

Sorting adalah proses menyusun elemen – elemen dengan tata urut tertentu dan
proses tersebut terimplementasi dalam bermacam aplikasi. Kita ambil contoh pada
aplikasi perbankan. Aplikasi tersebut mampu menampilkan daftar account yang aktif.
Hampir seluruh pengguna pada sistem akan memilih tampilan daftar berurutan
secara ascending demi kenyamanan dalam penelusuran data.
Beberapa macam algoritma sorting telah dibuat karena proses tersebut sangat
mendasar dan sering digunakan. Oleh karena itu, pemahaman atas algoritma –
algoritma yang ada sangatlah berguna.
Setelah menyelesaikan pembahasan pada bagian ini, anda diharapkan mampu :

1. Memahami dan menjelaskan algoritma dari insertion sort, selection sort,merge sort dan
quick sort.
2. Membuat implementasi pribadi menggunakan algoritma yang ada

Download


Modul 7

Tanpa mempelajari tentang grapichal user interface (GUI) API, Anda masih tetap bisa
membuat suatu program. Tetapi, program Anda akan kelihatan tidak menarik dan tidak
nyaman digunakan bagi para user. Memiliki GUI yang baik dapat memberi efek pada
penggunaan aplikasi. Java menyediakan banyak tool seperti Abstract Windowing Toolkit dan
Swing untuk mengembangkan aplikasi GUI yang interaktif.
Setelah menyelesaikan bab ini, Anda diharapkan untuk :

1. Memahami persamaan dan perbedaan antara AWT dan Swing
2. Perbedaan antara komponen dan kontainer.
3. Mendesain aplikasi GUI menggunakan AWT.
4. Mendesain aplikasi GUI menggunakan Swing.
5. Menjelaskan tentang flow layout, border layout, dan grid layout dalam komponen GUI
6. Membuat tampilan yang komplek dalam mendesain aplikasi GUI.

Download


Modul 8

Pada modul ini, Anda akan belajar bagaimana mengendalikan events triggered ketika
user berinteraksi dengan aplikasi GUI Anda. Setelah menyelesaikan modul ini, Anda
akan dapat mengembangkan aplikasi GUI yang merespon interaksi user.
Setelah menyelesaikan modul ini, Anda diharapkan mampu:
1. Menerangkan komponen-komponen delegation event model
2. Mengerti bagaimana delegation event model bekerja
3. Menciptakan aplikasi GUI yang berinteraksi dengan user
4. Mendiskusikan manfaat dari class-class adapter
5. Mendiskusikan keuntungan-keuntungan dari menggunakan inner dan anonymous
class

Download


Modul 9

Pada bab-bab sebelumnya Anda terbiasa untuk membuat program yang
berururutan/sekuensial. Sebuah program sekuensial berarti sebuah program yang hanya
memiliki satu aliran eksekusi. Setiap eksekusi, ia memiliki sebuah titik awal eksekusi,
kemudian sebuah sekuen eksekusi, dan kemudian berakhir. Selama runtime, pasti hanya
satu proses yang telah dieksekusi.
Bagaimanapun juga, di dunia nyata, pasti dibutuhkan sesuatu yang dapat mengatur
proses yang terjadi dan berjalan bersama-sama.Oleh karena itu, thread hadir untuk
menjadi solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut.
Setelah menyelesaikan pelajaran ini, Anda diharapkan dapat:
1. Mendefiniskan threads
2. Mengerti perbedaan state dalam threads
3. Mengerti konsep prioritas dalam threads
4. Mengetahui bagaimana menggunakan method didalam class Thread
5. Membuat sendiri sebuah thread
6. Menggunakan sinkronisasi pada thread yang bekerja bersama-sama dan saling
bergantung satu dengan yang lainya
7. Memperbolehkan thread untuk berkomunikasi dengan thread lain yang sedang
berjalan
8. Mengerti dan menggunakan kemampuan concurency

Download



Modul 10

Java mengijinkan anda untuk mempermudah mengembangkan aplikasi yang mengerjakan
berbagai pekerjaan melalui jaringan. Ini adalah suatu cita-cita pembuatan Java yang menjadi
salah satu kekuatan Java sejak dibuat dengan internet di dalam cita-cita. Sebelum
mempelajari tentang jaringan dalam Java. Pertama-tama anda akan diperkenalkan kepada
beberapa konsep dasar jaringan...

Download


Modul 11

Applets adalah satu dari fitur yang paling menarik dalam java. Applet merupakan
program yang Anda jalankan melalui web browser. Anda akan belajar tentang
membentuk applet pada pembelajaran ini.

Download


Modul 12

Dalam module sebelumnya, Anda telah mempelajari bagaimana untuk mendapatkan
input user dan memanipulasi file-file menggunakan strea. Kini Anda akan mempelajari
lebih banyak tentang stream dan class-class stream yang lain.

Download


Modul 13

Release Java terbaru menyediakan langkah terbesar dalam pemrograman Java
dibandingkan dengan versi-versi lain sebelumnya. Ini terdiri atas ekstensi yang cukup
signifikan terhadap source language syntax. Bagian yang paling terlihat yaitu
penambahan generic types.


Download
Designed By